Pasar Hewan Ambarketawang Yogyakarta

Pasar Hewan Ambarketawang, yang dibuka pada pada hari pasaran yaitu Pahing, adalah salah satu pasar Hewan di Yogyakarta yang cukup ramai. Pasar ini relatip baru, dibangun sebagai pengganti Pasar Hewan Pakuncen, Wirobrajan,yang sudah tidak memenuhi syarat.

Pasar hewan Ambarketawang berlokasi di Gamping, Sleman, Kota Yogyakarta. Beroperasi sejak Maret 2006, pasar hewan ini merupakan UPTD yang berada di bawah Dinas Pertanian dan Kehutanan Sleman. Berdiri di atas lahan seluas 3,8 hektar ini, pasar Hewan Ambarketawang mempunyai kapasitas tampung 1000 ekor sapi dan 300 ekor domba.

Saat ini, ada 80 pedagang sapi, 10 pedagang domba, serta 50 pedagang pendukung seperti warung yang menempati sebagian areal pasar. Para pedagang ini sebagian besar berasal dari Bantul, Kulon Progo, serta Gunung Kidul. Sebagian kecil lagi berasal dari Muntilan dan Magelang (Jawa Tengah).

Dibandingkan dengan pasar lama di Pakuncen, lokasi baru ini lebih aman, nyaman, bersih dan lebih lapang. Dari tahun ke tahun, pasar hewan ini menunjukkan perkembangan yang cukup bagus, terlihat dari nilai transaksi yang terus meningkat.

Bahkan selain hari pasar, tetap ada pengunjung yang datang untuk sekadar jalan-jalan dan melihat-lihat. Peluang ini, akan dimanfaatkan oleh pengelola pasar dengan tetap menyediakan hewan ternak setiap hari diluar hari pasaran. Untuk tujuan tersebut, telah dibangun fasilitas tambahan berupa gedung baru dan pos kesehatan hewan (Poskeswan) untuk pemeriksaan hewan ternak dan hewan peliharaan, yang akan buka setiap hari.

Copy Dari : http://duniasapi.com/id/market/1037-pasar-sapi-ambarketawang-yogyakarta.html

1 komentar:

Jimat Agus mengatakan...

Salam kenal Pak. Pada hari apa saja pasar hewan khususnya sapi di buka? Saya pengen lebih tahu infonya. Salam kenal dari Batam.

Poskan Komentar